Saya mendapatkan iklan di ponsel saya : kemungkinan penyebab dan cara mengatasinya

Saya mendapatkan iklan di ponsel saya

Apakah ponsel Anda dipenuhi iklan tanpa membuka aplikasi apa pun? Apakah ‘popup’ muncul dan Anda tidak tahu aplikasi apa yang menyebabkannya? Kemudian Anda perlu menghapus aplikasi yang bertanggung jawab untuk membanjiri ponsel Anda dengan iklan : kami akan menunjukkan cara menemukannya dan kemudian menghapusnya selamanya dari ponsel Anda.

Menginstal aplikasi di ponsel Android sangat mudah sehingga kita bahkan sering tidak memantau apa yang kita unduh ke ponsel. Ada risiko menginfeksi kita dengan malware , meskipun yang paling umum adalah ponsel mulai menampilkan iklan tanpa alasan atau alasan . Solusinya sesederhana mencopot pemasangan aplikasi yang menyebabkannya, tetapi menemukannya agak sulit.

Langkah pertama untuk menghapus iklan adalah dengan mendeteksi aplikasi

Anda menghidupkan telepon dan melihat iklan di layar kunci. Anda membuka kunci telepon, Anda mencoba membuka WhatsApp dan iklan lain muncul yang menghabiskan seluruh telepon Anda dan mencegah Anda melakukan apa pun kecuali menunggu sampai selesai . Beriklan di notifikasi, di setelan… Tidak diragukan lagi, ada aplikasi yang memanfaatkannya untuk menampilkan iklan kepada Anda. Anda bahkan mungkin telah terinfeksi adware , perangkat lunak yang membanjiri perangkat dengan iklan.

Jika sebelumnya tidak muncul, dan tiba-tiba ponsel Anda dibanjiri iklan, itu mungkin hanya karena satu penyebab: Anda menginstal aplikasi yang menyalahgunakan kepercayaan Anda . Tidak selalu mudah untuk menemukannya, karena pengembang sering memperlambat pengeboman iklan sehingga pengguna tidak mengaitkannya dengan aplikasi yang baru dipasang . Untungnya, ada beberapa cara untuk menemukan pelakunya.

Temukan aplikasi mana yang mengisi ponsel Anda dengan iklan secara manual

Secara umum, iklan yang muncul tanpa Anda memasuki aplikasi tertentu biasanya terdiri dari dua jenis: notifikasi atau popup . Yang pertama muncul di area notifikasi seolah-olah itu adalah satu pemberitahuan lagi. Mereka bisa statis atau pergi tepat waktu. Dan mereka diidentifikasi sebagai berikut:

  • Tarik ke bawah area notifikasi dan temukan iklan yang mengganggu Anda.
  • Tekan lama pada notifikasi hingga opsi bisu muncul.
  • Anda akan melihat bahwa Android menunjukkan kepada Anda aplikasi mana yang telah mengirim pemberitahuan.

Mengetahui aplikasi yang memicu iklan, Anda dapat dengan mudah mencopot pemasangannya untuk menghilangkannya. Ini juga berlaku untuk iklan di layar kunci, biasanya berupa pemberitahuan : buka kunci ponsel, cari tahu aplikasi apa itu, dan hapus.

Jika jendela iklan muncul tiba-tiba, kemungkinan besar beberapa aplikasi dengan izin untuk tumpang tindih dengan yang lain memanfaatkannya untuk menjatuhkan Anda dengan munculan . Untuk mengetahui:

  • Buka pengaturan Android Anda dan masuk ke bagian aplikasi.
  • Buka opsi dan cari menu ‘ Akses khusus ‘ .
  • Temukan izin overlay. Itu dapat memiliki nama yang berbeda, semuanya akan tergantung pada merek: ‘Tampilkan di atas’, ‘Tampilkan di atas aplikasi lain’…
  • Periksa aplikasi yang memiliki izin untuk ditampilkan di atas aplikasi lain: pasti Anda melihat beberapa yang seharusnya tidak ada .
  • Hapus izin overlay dan periksa apakah popup aplikasi terus muncul. Jika tidak lagi muncul, Anda sudah tahu aplikasi mana yang harus Anda hapus.
  • Apa yang terus keluar? Tetap nonaktifkan izin aplikasi aneh sampai Anda menemukan pelakunya.

Tip bagus lainnya adalah menghapus semua aplikasi yang Anda anggap tidak penting ; Selalu dimulai dengan antivirus, pengoptimal baterai, pembersih sampah, dan aplikasi yang menjanjikan untuk mempercepat ponsel Anda: sebagian besar hanyalah sekumpulan iklan (selain tidak terlalu berguna, dengan beberapa pengecualian). Kemungkinan besar, setelah pencopotan massal, kelebihan iklan akan menguap.

Gunakan aplikasi untuk menemukan penyalahgunaan aplikasi lain

Seperti yang sering terjadi, ‘ada aplikasi untuk itu’. Bahwa Anda tidak ingin memperumit hidup Anda dengan menjadi detektif aplikasi? Nah, tinggalkan pekerjaan kotor di tangan sebuah aplikasi. Seperti misalnya AppWatch .

AppWatch: Mendeteksi sumber iklan pop-up

AppWatch menggunakan log aktivitas Android untuk melacak aplikasi jahat. Tentu saja, ini tidak otomatis karena Anda harus memulai pemindaian secara manual , Anda juga harus membuka log aktivitas untuk menemukan sumber iklan. Apa yang dilakukan App Watch adalah membuat prosesnya lebih mudah bagi Anda sehingga iklan yang melecehkan menghilang dari ponsel Anda.

Setelah App Watch diinstal, lakukan proses berikut:

  • Buka AppWatch dan otorisasi izin untuk mengakses penggunaan aplikasi.
  • Kembali ke AppWatch dan klik tombol ‘ Mulai Pelacakan ‘. Sejak saat itu aplikasi akan merekam aktivitas aplikasi yang menunjukkan pemberitahuan permanen kepada Anda.
  • Gunakan ponsel seperti biasa hingga muncul iklan yang bukan dari aplikasi yang digunakan.
  • Segera buka AppWatch (dari notifikasi persisten) dan lihat aplikasi terakhir dalam daftar . Itu akan menjadi biang keladi iklan.
  • Waktu antara melompat iklan dan mengakses log aktivitas AppWatch harus dijaga seminimal mungkin karena aplikasi yang tidak bersalah dapat diaktifkan dengan positif palsu .
  • Copot pemasangan aplikasi yang dimaksud dan hanya itu.

Mungkin Anda memiliki beberapa aplikasi terinstal yang mengirimkan iklan invasif. Jika ini yang terjadi pada Anda, Anda harus mengulangi langkah-langkah AppWatch sampai Anda benar-benar membersihkan ponsel . Ingat bahwa aplikasi tidak menghapus iklan, itu hanya menawarkan informasi sehingga Anda dapat mendeteksi pelakunya. Dan setelah selesai, Anda dapat menonaktifkan AppWatch dan menghapusnya dari telepon.

aldo

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *